Berita TerbaruBerita UtamaOlahraga

Raih Gelar Ke-15, Real Madrid Raja Liga Champions Eropa

Cakrawalatoday.com ‐‐ Real Madrid layak menyandang gelar raja sepakbola Eropa. Madrid berhasil meraih gelar Liga Champions ke-15 setelah mengalahkan Borussia Dortmund 2-0 pada laga final di Stadion Wembley, London, Ahad (2/6/2024) dini hari WIB.

Dortmund bermain lebih baik di babak pertama. Anak asuh Edin Terzic membuat permainan Madrid sama sekali tidak berkembang.Setelah tembakan kaki kiri Federico Valverde yang belum menemui sasaran, pertandingan sepenuhnya jadi milik Dortmund pada 45 menit pertama.

Peluang terbaik bahkan tercipta untuk Dortmund pada menit ke-23. Hanya saja, sontekan Niclas Fullkrug yang sudah mengelabui Thibaut Courtois masih mengenai tiang gawang.

Madrid langsung mendapatkan dua peluang beruntun melalui Toni Kroos dan Dani Carvajal pada awla babak kedua. Tendangan bebas Kroos masih bisa dimentahkan Gregor Kobel dan sundulan Carvajal memanfaatkan situasi sepak pojok masih berada di atas mistar gawang Dortmund.

Dortmund punya peluang bagus untuk membuka keunggulan atas Madrid pada menit ke-63. Umpan silang Adeyemi bisa disundul Fullkrug tetapi bola yang mengarah ke gawang dibaca dengan sempurna oleh Courtois.

Madrid bisa membuka keunggulan pada menit ke-74. Umpan sepak pojok Toni Kroos disambut sundulan Dani Carvajal yang berhasil merobek gawang Die Borussen.Tiga menit berselang Jude Bellingham mendapatkan peluang untuk memperbesar keunggulan Madrid. Namun, sontekannya di dalam kotak penalti masih mengenai pemain belakang Dortmund.

Tekanan terus diberikan Madrid setelah unggul 1-0. Kroos menebar ancaman melalui tendangan bebas yang masih bisa digagalkan Kobel.Kesalahan fatal dibuat Ian Maatsen pada menit ke-83. Umpannya ke rekan setim tidak akurat sehingga bisa dibaca oleh Bellingham.

Pemain asal Inggris itu lantas mengoper bola ke Vinicius Junior yang tidak terkawal di kotak penalti. Vinicius dengan tenang memanfaatkan peluang yang didapat untuk menaklukkan Kobel sekaligus mengubah skor jadi 2-0.Dortmund sebenarnya bisa membobol gawang Madrid hanya beberapa berselang. Akan tetapi gol sundulan Fullkrug dianulir wasit karena sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

Madrid bisa menjaga keunggulan di sisa waktu pertandingan. Tim ibu kota Spanyol itu pun mengakhiri laga dengan kemenangan 2-0 atas Dortmund untuk meraih gelar Liga Champions ke-15.

Susunan pemainBorussia Dortmund (4-2-3-1): Gregor Kobel; Julian Ryerson, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Ian Maatsen; Marcel Sabitzer, Emre Can; Jadon Sancho, Julian Brandt, Karim Adeyemi; Niclas Fullkrug.

Real Madrid (4-3-1-2): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Antonio Rudiger, Nacho, Ferland Mendy; Federico Valverde, Eduardo Camavinga, Toni Kroos; Jude Bellingham; Rodrygo, Vinicius Junior.

Sumber: CNNIndonesia.com

Print Friendly, PDF & Email

Back to top button