Berita TerbaruPolitik

Jokowi Digugat ke PTUN Dugaan Nepotisme, Begini Respon Gibran

Cakrawalatoday.com – Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) melayangkan gugatan terhadap Jokowi ke PTUN Jakarta atas dugaan tindakan nepotisme.

Selain Jokowi, Koordinator TPDI Petrus Selestinus juga turut menggugat hakim konstitusi sekaligus adik ipar Jokowi, Anwar Usman. Kemudian Gibran Rakabuming Raka, Boby Afif Nasution, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan KPU.

Terkait itu, mengutip CNNIndonesia.com, putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, merespons singkat soal gugatan terhadap ayah dan keluarganya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) atas dugaan nepotisme.
Gibran yang juga cawapres nomor urut 2 dalam Pilpres 2024 itu mempersilakan kepada pihak yang hendak melayangkan gugatan tersebut.

“Iya silakan,” kata pria berusia 36 itu saat blusukan ke Warakas, Jakarta Utara, Selasa (16/1/2024).

Petitum dalam gugatan itu meminta PTUN Jakarta menyatakan nepotisme dinasti politik sebagai perbuatan melawan hukum atau sebagai suatu perbuatan yang dilarang oleh UU dan harus dihentikan.

Petrus Selestinus juga meminta keputusan KPU yang menetapkan pasangan capres dan cawapres atas nama Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka cacat hukum, tidak sah, dan dibatalkan.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Kementerian Sekretariat Negara belum menerima salinan gugatan tersebut. Karenanya, ia belum bisa mengomentari lebih lanjut perihal substansi gugatan itu.

“Kita serahkan saja ke PTUN untuk menilai apakah ini murni gugatan Tata Usaha Negara, atau gugatan yang bermuatan politis menjelang Pemilu 2024,” kata Ari melalui pesan singkat, Senin (15/1), dilansir CNNIndoneisia.com.**

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button