Berita TerbaruPendidikan

Tim Dosen UIR Laksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di SMK YAPIM Siak Hulu

Cakrawalatoday.com – Tim Dosen Pogram Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBIng) Universitas Islam Riau mengadakan pelatihan/pendampingan mendesain Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Heyzine Flippedbooks. Pendampingan ini diberikan kepada para guru SMK YAPIM Siak Hulu, Kampar, Riau.

Penyampaian materi Pelatihan/pendampingan ini dilaksanakan Kamis dan Jumat, 05-06 Oktober 2023. Tim Dosen diketuai Estika Satriani MPd, dengan Dr Tri Yuliawan MPd, M Muklis MPd, dan Destry Pryanti Kadar sebagai anggota. Kegiatan pengabdian ini mengambil judul Pendampingan Mendesain  Bahan Ajar E-Modul Menggunakan Heyzine Flippedbooks”.

Menurut Estika, tuntutan kompetensi pedagogik yang sangat penting bagi seorang guru profesional salah satunya adalah kemampuannya mendesain bahan ajar yang bervariasi dan berkualitas. Bahan ajar yang didesain dengan variatif akan efektif mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

“Para guru sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Terlihat dari banyaknya pertanyaan dan permintaan simulasi ulang pelatihan serta tutorial panduan mendesain bahan ajar yang menarik dan inovatif  yang disajikan melalui Heyzine Flippedbooks,” ungkapnya.

Estika memaparkan, kualitas rancangan bahan ajar ditentukan oleh kemampuan guru dalam mempersiapkan bahan ajar yang berkualitas berdasarkan teori-teori pengembangan bahan ajar. Kebutuhan akan bahan ajar yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran saat ini menuntut guru mampu mendesain sebuah bahan ajar yang berorientasi kepada kepercayaan diri dan kemandiarian belajar siswa.

“Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan dengan pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah dan para guru SMK YAPIM Siak Hulu, para guru masih menemukan kesulitan dalam merancang sebuah desain bahan ajar yang lebih berkualitas dan menarik dengan menggunakan media teknologi,” demikian Estika Satriani.

Untuk itu diharapkan pendampingan ini memberikan manfaat yang besar terhadap kemampuan para guru dalam mendesain dan menghasilkan bahan ajar yang invatif dan berkualitas serta mampu memotivasi siswa dalam belajar.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button