Berita TerbaruPendidikan

Dosen FEB Unilak Beri Pelatihan Pembukuan dan Pencataan Keuangan Sederhana bagi Pelakun Usaha AKU-UPPKA

Cakrawalatoday.com – Sebanyak 38 pengusaha ekonomi produktif dari Kelompok Usaha-Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (AKU-UPPKA) Pekanbaru, Provinsi Riau mengikuti pelatihan tentang pembukuan dan pencataan keuangan sederhana. Pelatihan diadakan oleh tim dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Lancang Kuning (FEB Unilak) Pekanbaru, di Aula AKU-UPPKA, Jumat siang, 23 Juni 2023.

Sebelum kegiatan penyampaian materi, tim dosen Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri dari Dr Indarti SE Ak MM CA CRGP CIISA CIFA, Aljufri SE MAk Ak CA, dan Ika Berty Apriliyani SE MAk Ak CA tersebut memberikan pretest dengan menyebarkan kuesioner kepada peserta yang menghadiri kegiatan. Pretest bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai pencatatan keuangan sederhana dalam upaya untuk meningkatkan pendapatan bagi keluarga.

Setelah pretest diberikan, selanjutnya tim Pelaksana PKM menyampaikan materi tentang peningkatan pemahaman pembukuan dan pencatatan keuangan sederhana.

Dr Indarti menyampaikan, materi PkM ini disampaikan kepada peserta kelompok Usaha yang terdiri dari berbagai macam bentuk usaha seperti usaha catering, usaha laundry, usaha merangkai bunga, dan usaha lainnya.

“Tema Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Edukasi peningkatan pemahaman pembukuan dan pencatatan keuangan sederhana untuk meningkatkan pendapatan keluarga akseptor pada andalan kelompok usaha- usaha peningkatan pendapatan keluarga akseptor (AKU-UPPKA) di kota Pekanbaru Provinsi Riau,” ujarnya.

Dr Indarti menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan agar pelaku usaha memahami dasar dan prosedur melakukan pencatatan dan pembukuan sederhana serta dapat membuat laporan keuangan. Kelompok UPPKA merupakan kelompok akseptor yang melakukan berbagai kegiatan usaha ekonomis produktif yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga akseptor.

“Dengan adanya PKM ini membawa dampak akan peningkatan pemahaman kelompok Usaha AKU-UPPKA Kota Pekanbaru Provinsi Riau tentang pencatatan dan pembukuan sederhana atas laporan keuangan dan diharapkan akan mampu menyusun laporan keuangan,” pungkas Dr Indarti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button