Berita TerbaruEkonomi

Gelar Padmamitra Award Tahun 2022, Ini Pesan Wapres untuk Forum CSR

Cakrawalatoday.com, JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Forum Corporate Social Responsibility Indonesia (Forum CSR Indonesia) menggelar Padmamitra Award 2022. Kegiatan di gelar di Soehanna Hall, The Energy Building, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Padmamitra Award sebagai bentuk apresiasi kepada dunia usaha, meliputi perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD yang telah berkontribusi terhadap kesejahteraan sosial di Indonesia. Melalui Padmamitra Award, kegiatan CSR di seluruh Indonesia dapat lebih merata dan perusahaan dapat berkolaborasi pada Program PENA (Pahlawan Ekonomi Nusantara) yang merupakan program inisiasi dari Kementerian Sosial.

PENA diselenggarakan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat penerima bantuan sosial agar dapat mengembangkan kewirausahaan dengan memberikan bantuan usaha.

Usai menyerahkan award pada pemenang Padmamitra Award 2022, didampingi Ketua Umum Forum CSR Indonesia Mahir Bayasut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berpesan agar pihak swasta (coorporate) mengoptimalisasi penyaluran program tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan ke berbagai sektor. Seperti kemiskinan, pemberdayaan dan pendidikan untuk membantu mengatasi persoalan sosial masyarakat.

Padmamitra Award 2022 memiliki unsur penting dalam pelaksanaannya yakni sebagai apresiasi atas kepedulian pelaku usaha terhadap penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Jika CSR betul-betul dioptimalkan, bisa mencapai sekitar 80 triliun rupiah. Itu artinya cukup besar dan masalah-masalah sosial sudah bisa diselesaikan. Karena itu ini akan terus kita (pemerintah) kembangkan dan kita dorong terus,” ujar Wapres.

Wapres mengatakan CSR merupakan tanggung jawab perusahaan dalam memberikan sebagian penghasilan untuk membantu meningkatkan kegiatan masyarakat, utamanya menghilangkan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat dan juga hal-hal yang lain yang bersifat sosial seperti pendidikan.Ia memberikan apresiasi kepada perusahaan yang selama ini telah menyalurkan program CSR ke masyarakat.

Ia meminta agar penyaluran disesuaikan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), agar tepat sasaran, tepat secara kualitas dan juga kuantitas.Ia juga mendorong agar penyaluran program CSR dikonsultasikan terlebih dulu kepada kementerian/lembaga terkait.

Fuady Noor SE MM, Wakil Ketua Forum CSR Provinsi Riau juga Direktur BUMD Provinsi Riau PT Sarana Pembangunan Riau yang menjadi perwakilan Forum CSR Riau menghadiri Padmamitra Award Tahun 2022 mengatakan bahwa Forum CSR Indonesia menggelar Padmamitra Award 2022 yang diselenggarakan Tahun 2023.

“Padmamitra Award adalah Penghargaan untuk mengapresiasi terhadap upaya badan usaha dalam peran sertanya pada pembangunan melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan atau Program Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh pelaku usaha sehingga menjadi pelecut motivasi untuk terus meningkatkan kontribusinya dalam kepedulian dan kesejahteraan sosial,” terangnya. */hens

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button