Berita TerbaruPendidikan

Tingkatkan Perbendaharaan Kosa Kata, Tim Dosen UIR Dampingi Siswa SMKS di Dumai Gunakan Aplikasi Hello English

Cakrawalatoday.com – Kurangnya perbendaharaan kata bahasa Inggris membuat siswa kesulitan untuk menyampaikan ide-idenya. Bahkan beberapa dari mereka tidak aktif di kelas bahasa Inggris karena kurangnya kosa kata.

Hal tersebut mandapat atensi dari Tim Dosen UIR yang diketuai Andi Idayani SPd MPd bersama Dr Ahmad Yani SPd MPd dan Dr Khulaifiyah SPd MPd, dibantu dua mahasiswa Nadia Haviza dan Helvia Savitri.

“Kosa kata merupakan hal mendasar dalam belajar bahasa Inggris. Semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang maka akan semakin paham dalam memahami suatu kalimat. Semakin kita terbiasa melihat sebuah kata, semakin cepat kita mengenalinya. Seseorang yang memiliki perbendaharaan kata yang banyak akan cenderung lebih mudah menangkap informasi dibandingkan dengan mereka yang memiliki perbendaharaan kata yang lebih rendah,” terang Andi Idayani.

Andi menjelaskan, Hello English adalah aplikasi yang membantu siswa Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Dalam aplikasi Hello English menghadirkan fitur untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris, berbicara, mendengarkan, menulis, dan berbicara. Jadi dapat disimpulkan bahwa tujuan dari aplikasi ini adalah untuk membantu semua orang khususnya pelajar dalam belajar bahasa Inggris.

Pendampingan yang merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di SMK Budi Dharma Kota Dumai, Riau, 2-9 September 2022.

Berdasarkan hasil observasi dan interview dengan guru Bahasa Inggris di sekolah tersebut, ungkap Andi Idayani, disampaikan bahwa tantangan yang dihadapi oleh siswa-siswi yang telah tamat adalah kemampuan bahasa Inggris yang kurang sehingga belum bisa bersaing di dunia kerja. Terutama pekerjaan di perusahaan swasta asing yang menuntut mereka untuk menguasai bahasa Inggris baik lisan dan tulisan.

“Oleh karena itu, siswa-siswi perlu dibekali kemampuan bahasa Inggris yang baik sejak awal tingkat pertama. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, maka siswa dapat memanfaatkan teknologi dalam belajar bahasa Inggris. Ada berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan bahasa Inggris, salah satunya adalah Hello English ini,” terang Andi Idayani.

Kegiatan berjalan dengan baik. Siswa-siswi SMK Budi Dharma Dumai antusias selama kegiatan berlangsung.**

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button