Berita TerbaruPendidikan

Tim Dosen FKIP UIR Taja Pendampingan Penggunaan Aplikasi Hello Talk untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Mandiri

Cakrawalatoday.com – Banyak faktor yang mempengaruhi masih statis dan belum inovatifnya proses pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Di antaranya yaitu minimnya praktik, serta terbatasnya sarana dan media pembelajaran.

Hal tersebut menjadi permasalahan serius yang harus diatasi, karena melalui proses belajar mengajar bahasa Inggris yang baik dan tentunya diintegrasikan dengan media yang sesuai akan menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bahasa Inggris sebagai bahasa universal.

“Menguasai bahasa Inggris bagi siswa bukanlah hal yang mudah dan tidak cukup hanya dari guru di kelas saja. Siswa harus lebih aktif dan kreatif untuk belajar mandiri agar target menguasai bahasa Inggris dapat tercapai seperti praktik berbicara, menulis, mendengar dan membaca. Sama halnya dengan siswa di SMKS Budi Dharma Kota Dumai, dalam proses pembelajaran bahasa Inggris memerlukan media alternatif untuk dijadikan alat belajar mandiri dikarenakan minimnya praktik secara langsung, serta terbatasnya sarana dan media pembelajaran pendukung,” ungkap Muhammad Ilyas SPd MPd, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR.

Ilyas bersama tim dosen dari prodi pendidikan bahasa Inggris FKIP UIR mengadakan pendampingan penggunaan aplikasi hello talk untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris mandiri bagi siswa SMKS Budi Dharma Dumai. Hello Talk adalah aplikasi obrolan yang fokus pada orang-orang yang ingin merasakan pengalaman chatting sambil belajar langsung dengan orang yang berbahasa asing (bahasa Inggris). Sehingga, diharapkan penyediaan aplikasi Hello Talk ini dapat menjadi solusi untuk masalah yang ada di SMKS Budi Dharma.

Menurut ketua tim pengabdian masyarakat ini, kegiatannya adalah melaksanakan pendampingan berkala, yaitu pendampingan penggunaan Hello Talk sebagai aplikasi pembelajaran bahasa Inggris mandiri.

“Kegiatan pengabdian dimulai dengan memberi pemaparan tentang bagaimana cara menggunakan apalikasi Hello Talk, kemudian tim akan melakukan pendampingan ketika siswa menggunakan aplikasi tersebut dalam pembelajaran. Harapannya, setelah kegiatan pendampingan ini aplikasi hello talk ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa SMKS Budi Dharma kota Dumai,” terangnya.

Kepala SMKS Budi Dharma Indah Kurnia Sari SPd menyambut baik kegiatan ini. “Kami sangat senang dengan diadakannya acara pendampingan ini karena solusi dari permasalahan yang muncul di SMKS Budi Dharma khususnya dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris yaitu dibutuhkan media pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan siswa kami dalam menguasai bahasa Inggris untuk diintegrasikan dalam pembelajaran baik di dalam kelas maupun belajar mandiri,” ucap Indah.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 2 September 2022. Muhammad Ilyas didampingi Dr Miranti Eka Putri SPd MEd dan Zaka Hadikusuma Ramadhan SPd MPd sebagai anggota, serta dua mahasiswa yaitu Tri Savitri dan M Iqbal.

Kegiatan pendampingan penggunaan Hello Talk ini diharapkan dapat menjadi aplikasi alternatif untuk belajar bahasa Inggris baik dikelas maupun secara mandiri di SMKS Budi Dharma, proses pembelajaran menjadi lebih menarik.**

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button