Berita TerbaruRiau

Perbanusa DPD I Riau Audiensi dengan DLHK Provinsi Riau

Cakrawalatoday.com — Perkumpulan pengelola sampah dan bank sampah nusantara (Perbanusa) DPD I Provinsi Riau melakukan audiensi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, belum lama ini. Audiensi bertujuan untuk saling bersinergi untuk menjaga kelestarian lingkungan dari pencemaran sampah. Karena permasalahan sampah sudah menjadi isu global dan bukan lagi masalah regional.

Jajaran pengurus Perbanusa DPD I Riau yang hadir yaitu Prama Widayat (Ketua), Arfandi Radiansyah (Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi), Chandra Budhi (Bidang Informasi dan Komunikasi), Berto Sitompul dan Sumiani (Bidang Peningkatan SDM). Kemudian dari pihak DLHK Provinsi diwakili oleh Alwamen (Kepala Bidang Perubahan Iklim Pengelolaan Limbah Padat Domestik Peningkatan Kapasitas), M Evan (Sub Koordinator/Fungsional Muda Pengendali Dampak Lingkungan), Zulfikar dan Ina Mulyani (Fungsional Madya Penyuluh Lingkungan), serta Ricky Arief Budiman.

Prama Widayat menjelaskan, Perbanusa Riau memiliki anggota lebih dari 40 bank sampah dan pengelola sampah yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Dengan berkomitmen dalam pengelolaan sampah di lingkungan masing-masing.

“Dalam pengelolaan sampah kita tidak bisa hanya bergerak sendiri-sendiri karena perlu kolaborasi berbagai pihak. Sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama. Dalam hal ini Perbanusa Riau yang notabene-nya terdiri dari para pengelola sampah dan bank sampah, berkomitmen untuk melakukan pengelolaan sampah sebagaimana Surat Edaran menteri LHK Nomor 5 tahun 2019 tentang gerakan memilah sampah dari rumah,” terang Prama..

Untuk itu Perbanusa Riau berharap agar DLHK Provinsi Riau melibatkan Perbanusa dalam program-program lingkungan serta Riau Hijau, sebagaimana yang dicanangkan oleh Gubernur Riau dapat terwujud.

Prama mengingatkan pesan Gubernur Riau agar pihak terkait dapat mewujudkan sinergi dengan seluruh lingkup unsur masyarakat untuk keberlanjutan kehidupan Provinsi Riau dengan komitmen Pembangunan Riau Hijau.

Dari pertemuan ini Prama Widayat berharap adanya aksi nyata dan bisa saling bersinergi dalam program-program kerja dalam bidang lingkungan termasuk juga membina sekolah untuk mendapatkan dan mempertahankan adiwiyata. Pada akhirnya mampu mengurangi timbulan sampah di TPA dan memberikan dampak ekonomi kepada masyakarat yang memilah sampah dari rumah.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button