Natuna

Ketua Komisi II DPRD Natuna, Sampaikan Keluh Kesah Nelayan Ke KKP

Cakrawalatoday.com-Natuna, Ketua Komisi II DPRD Natuna, Marzuki mengatakan, selama ini nelayan Natuna sudah berkali-kali menyampaikan keluhan terkait kehadiran nelayan luar di perairan Natuna.

Menurut Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD Natuna ini, yang dikeluhkan nelayan Natuna adalah jalur atau wilayah tangkapan.

“Masalah jalur ini ada keterkaitan dengan adanya gross ton kapal dan arah milnya wilayah tangkapan kapal,” ucapnya saat berada di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Jumat 11 Maret 2022.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Marzuki menerangkan, kapal-kapal yang beroperasi di laut Natuna dari mulai Pulau Subi, Serasan, sampai ke Pulau Laut, ada yang beroperasi jauh di bawah wilayah tangkap yang sudah ditentukan.

“Seharusnya nelayan luar wilayah tangkaonya diatas 30 mil, tetapi dilapangan sering ditemukan dibawah itu, bahkan ada yang dibawah 12 mil,” ucap Marzuki

Apabila hal ini terus dibiarkan, dikhawatirkan akan menimbulkan konflik horizontal antara nelayan lokal dan luar di perairan Natuna.

Kami bukan menolak kehadiran nelayan luar, cuma semuanya harus taat aturan,” tegas Marzuki

Menyikapi hal tersebut Marzuki meminta pihak Kementerian KKP, supaya terus melakuan pengawasan, tidak hanya melalui alat seperti satelit, akan tetapi patroli rutin juga harus sering dilakukan.

“Penegakan hukum bagi pelanggar juga harus tegas, supaya tidak ada lagi pelanggaran dikemudian hari,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button