Berita TerbaruPendidikan

Pengabdian di SD 117 Pekanbaru, Ini yang Diberikan Tim Dosen Unilak

Cakrawalatoday.com – Pandemik virus corona secara tidak langsung memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap aspek kehidupan manusia terutama pada aspek pendidikan. Guru dan orang tua siswa harus siap menjalankan revolusi 4.0 dalam bidang pendidikan, di mana pembelajaran dilakukan secara online.

Seiring dengan terganggunya pembelajaran tatap muka di saat wabah corona, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dosen Universitas Lancang Kuning (Unilak) melakukan kegiatan di SDN 117 Rumbai, Pekanbaru berupa pelatihan Google Form.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan Dra Dian Rianita MA, Elvira Asril MKom dan Indah Muzdalifah MPd tersebut, diikuti oleh 15 guru, kepala sekolah dan pustakawan. Dilaksanakan pada Agustus lalu, dan digelar secara daring dengan menggunakan aplikasi.

Tim Dosen Unilak

Menurut ketua Tim Pengabdian Dra Dian Rianita MA, tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan sosialisasi dan berbagi ilmu mengenai penggunaan salah satu aplikasi yang dapat memudahkan para guru dalam sistem penilaian atau asesmen pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas dengan menggunakan kertas, digantikan dengan menggunakan aplikasi canggih yang dapat diunduh secara gratis di internet.

“SDN berada tidak jauh dari Universitas Lancang Kuning, masih satu kecamatan yaitu Rumbai. Kami mengucapkan terim kasih kepala sekolah bu Hj Sri Sulastri MPd, dan guru, serta pustakwan yang telah berkenan menjadi peserta,” ujar Dian.

Dijelaskan Dian, fungsi  Google Form untuk dunia pendidikan cukup banyak, di antaranya bisa memberikan tugas latihan/ulangan daring, dan mengumpulkan berbagai data siswa/guru.

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi, yang pertama sesi teori dengan narasumber Dian Rianita yang menyampaikan pemahaman tentang pentingnya evaluasi dalam pembelajaran. Materi selanjutnya oleh Elvira Asril yang memberikan pemahaman dan pengenalan tengang Google Form. Untuk pratikum, nasasumber Indah Muzdalifah mempraktikkan pembuatan soal dalam Google Form untuk masing-masing guru. Dan sesi akhir adalah refleksi sebagai feedback kegiatan ini memberikan manfaat dan kontribusi terhadap guru-guru. (Rls/Abs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button