Berita TerbaruPendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pascasarjana Unilak Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

Cakrawalatoday.com — Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Pascasarjana Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah dengan peserta mahasiswa Magister Manajemen dan Magister Ilmu Hukum. Pelatihan dibuka oleh Direktur Pascasarjana Prof Dr Syafrani, Jumat (13/8/2021).

Pelaksanaan berlangsung selama empat hari, 13-14 Agustus dan 20-21 Agustus 2021, dengan menghadirkan narasumber yaitu Ro’Fah Setyowati SH MHum PhD, dosen Universitas Diponegoro Semarang, dan dari Pascasarjana Unilak Muhammad Rasyid Abdillah PhD, Dr Yeni Triana SH MH, Dr Adi Rahmat SE MM, serta Dr Ardiansah SH MAg.

Berbagai materi penulisan diangkat, di antarannya bagaimana strategi publikasi artikel ilmiah di Jurnal internasional, juga teknik penulisan artikel untuk Jurnal nasional. Selain itu, selama pelatihan yang dilakukan secara daring, mahasiswa juga akan melakukan presentasi artikel ilmiah dan juga dilakukan klinik draft artikel.

Direktur Pascasarjana Unilak Prof Dr Syafrani yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pelatihan penulisan artikel ilmiah ini dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa khususnya kemampuan menulis artikel.  Setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir diwajibkan membuat artikel untuk dipublikasikan ke jurnal-jurnal terakreditasi dan ini merupakan syarat.

“Pelaksanaan pelatihan ini sudah angkatan kedua, dan diwajibkan kepada mahasiswa yang telah masuk pada pelaksanaan tugas akhir mereka,” ujarnya.

“Mereka (mahasiswa) kita coba memberikan kontribusi prestasi kepada Pascasarjana Unilak. Kita datangkan beberapa narasumber, satu narasumber nasional dan empat narasumber dari Pascasarjana Unilak. Ini apa artinya apa? Setelah nanti narasumber utama memberikan materi utama, maka peserta akan dibimbing oleh empat narasumber internal, sehingga mahasiswa berhasil membuat artikel yang akan terbit di jurnal-jurnal,” terang Direktur Pascasarjana.

Disampaikan Prof Syafrani, selain sebagai syarat wajib untuk tugas akhir, manfaat lain bagi mahasiswa mengikuti pelatihan penulisan yaitu mahasiswa bisa menulis artikel/opini dan bisa diterbitkan di media cetak dan media daring. Selain itu, semakin banyaknya publikasi artikel mahasiswa di Jurnal terakreditasi maka akan semakin dikenal Pascasarjana Unilak.

“Mahasiswa mampu memberikan karya yang bisa masuk ke jurnal, dan daya saing bagus. Kita punya visi untuk menjadi universitas unggul, dan salah satu indikator adalah mahasiswa mampu mempublikasikan ke jurnal dan bermanfaat bagi masyarakat umum,” pungkasnya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button