Berita TerbaruBerita UtamaRiau

Angka Positif Covid-19 Riau Menanjak, PPKM Mikro Dinilai Belum Efektif

Cakrawalatoday.com – Angka kasus Covid-19 terkonfirmasi harian Provinsi Riau mendekati angka 1000. Data terakhir pada 14 Juli 2021 mencatat 978 kasus, dengan angka kematian harian 16 orang.

Juru Bicara penanganan Covid-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi menjelaskan dalam sepekan terakhir kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus menanjak. Dan kondisi itu membuat Satgas mulai membahas PPKM Darurat.

“Provinsi  Riau hampir mendekati seribu kasus harian. Artinya, suatu sinyal yang menyampaikan bahwa PPKM sebelumnya tidak terlihat efektif menahan laju kasus konfirmasi positif Covid-19,” ungkap Indra Yovi di Posko Penanganam Covid-19 Provinsi Riau, Kamis (15/7/2021).

Hal tersebut, kata Indra, menjadi dasar Forkompinda Riau dan Kota Pekanbaru mengadakan pertemuan membahas persiapan seandainya pemerintah pusat menetapkan PPKM darurat diberlakukan atau tidak yang akan ditujukan ke kabupaten/kota di Riau.

Karenanya Indra mengharapkan kesadaran masyarakat untuk mau ditempatkan di fasilitas isolasi mandiri yang telah disiapkan oleh Pemerintah.

“Tujuannya, saudara kita yang terkonfirmasi terpantau dengan baik. Kita tak mau kejadian isolasi mandiri menyebabkan peningkatan angka kematian terjadi berulang . Ditempatkan di fasilitas yang disiapkan pemerintah tentu dirawat, dipantau petugas yang berkompeten, dan sesuai dengan kondisi klinis pasien tersebut,” terangnya.

Selain itu Indra Yovi juga menekankan kewaspadaan terhadap perburukan kondisi fisik bagi pasien yang menjalani Isolasi mandiri di Rumah.

“Waspadai perburukan kondisi fisik tubuh, demam tidak turun, rasa sesak dada berat, maka cepat datangi rumah sakit terdekat,” ucapnya.**

Sumber: MCR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button