Berita TerbaruRiau

Ada 55 Orang Pasien Covid Isolasi di Asrama Haji Riau

Cakrawalatoday.com – Sebanyak 55 orang pasien Covid-19 diisolasi di Asrama Haji Riau, di Pekanbaru. Mereka melakukan isolasi mandiri karena bergejala ringan.

Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dari 55 pasien tersebut, 17 orang di antaranya merupakan pasien hasil pemeriksaan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.  Sedangkan 38 orang lainnya merupakan rujukan dari Puskesmas di Kota Pekanbaru. Di antaranya, Puskesmas Umban Sari Rumbai, Harapan Raya, Payung Sekaki, Simpang Tiga, Tenayan Raya, dan Rejosari.

Menurut Mimi, selama isolasi mandiri di Asrama Haji maupun tempat lain yang disediakan pemerintah ini, seluruh pasien diberikan fasilitas dan pelayanan maksimal. Mulai dari pemeriksaan secara rutin, obat-obatan, sampai kegiatan olah raga setiap pagi. 

“Pasien di Asrama Haji ini merupakan pasien bergejala ringan. Sebagiannya juga sudah ada yang sembuh dan dipulangkan,” kata Mimi, Kamis (8/7/2021).

Salah seorang pasien isolasi mandiri, El mengatakan, setiap hari selalu dilakukan pengecekan secara rutin dari petugas kesehatan. Mulai pemeriksaan keluhan, tekanan darah, dan lain-lainya.

“Kami juga diberikan program olah raga bersama setiap pagi lebih kurang dua jam, dan sorenya juga jalan santai sekeliling asrama,” ujarnya. 

El menyebutkan, untuk obat-obatan, pihak medis selalu memberikan cukup dan tidak pernah putus. Selama isolasi El mengaku nyaman sesuai ruangan isolasinya yang juga bagus dengan fasilitas lengkap.

“Fasilitas ruangan lengkap, tempat tidurnya bagus, AC, kamar mandi lengkap. Saya juga cukup sehat di sini, pada hal baru enam hari. Saya juga tenang dan tidak cemas menularkan pada keluarga,” kata dia.

Sementara, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, Asrama Haji ini merupakan penambahan ruangan isolasi sebagai upaya mengantisipasi kalau terjadi lonjakan pasien Covid-19 di Riau. Sebelumnya juga telah disediakan lokasi isolasi di berbagai tempat.

“Kapasitas ruang isolasi mandiri di Asrama Haji Riau ini bisa mencapai 280 orang, khususnya yang bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG),” ucapnya, Kamis.

Kesiapan ruangan ini juga sudah dilengkapi dengan tenaga kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19 selama isolasi. “Dengan adanya penambahan ruangan ini penangan Covid-19  bisa lebih maksimal lagi,” katanya.**

Abs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button