Uncategorized

Lomba Story Telling Dispusip Pekanbaru, Upaya Tingkatkan Budaya Membaca Sejak Dini

Cakrawalatoday.com — Keysha Fathiah dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru berhasil menjadi juara I Lomba Story Telling (bertutur) tingkat SD/MI Negeri dan Swasta se-Kota Pekanbaru yang ditaja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru.

Keysha Fathiah membawakan cerita rakyat “Si Lancang” asal Kabupaten Kampar, yang menceritakan tentang anak durhaka bernama Si Lancang yang kaya raya dan tidak mau mengakui ibunya yang bekerja sebagai petani miskin.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir Hj Nelfiyonna MSi   mengatakan, prestasi yang diraih oleh Keysha Fathiah bisa menjadi motivasi bagi anak-anak Kota Pekanbaru terutama di Provinsi Riau untuk lebih giat menumbuhkembangkan dan meningkatkan budaya membaca sejak dini.

“Dengan membawakan cerita rakyat Riau ini, siswa akan lebih mengenal dan mencintai budaya daerahnya. Lebih luas lagi, menanamkan cinta akan kebudayaan bangsa dengan mengangkat dan mempopulerkan buku cerita budaya lokal yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik,” kata Nelfiyonna, Senin (28/6/2021).

Ia juga menjelaskan, kebiasaan membaca tidak akan tumbuh dengan sendirinya. Menurut Nelfiyonna, perlu dukungan antara keluarga, sekolah, komunitas, masyarakat maupun pemerintah untuk membangun kegemaran membaca. Dalam hal ini, pemerintah berupaya menumbuhkembangkan minat baca dengan berbagai cara, seperti mendongeng, bercerita, bertutur, dan lainnya.

“Bercerita akan menimbulkan daya tarik bagi anak-anak, sehingga sedikit demi sedikit akan menanamkan kebiasaan membaca melalui bahan bacaan. Peserta terbaik akan mewakili Kota Pekanbaru ke tingkat Provinsi, sekali lagi selamat,” ujarnya

Di akhir perlombaan, dewan juri terdiri dari Eveline Tanugraha, Mamik Dwi Apriyanti, Raja Ira Novia Badar Putri SPd (Praktisi Mendongeng), Reni Prasetyawati SPI MSi (Pustakawan Ahli Madya Dispusip Kota Pekanbaru), dan Dra Hj Kamala Sia Rio Nita MPd (Penyuluh Perpustakaan Dispusip Kota Pekanbaru) telah berdiskusi dan menentukan pemenang Lomba Story Telling Tingkat Kota Pekanbaru sebagai berikut :

Juara I Keysha Fathiah dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru

Juara II Gracia Felicia dari SD Heaven Kids

Juara III Arinda Putri dari SDN 3 Pekanbaru

Harapan I Adinda Zulaikha dari SDN 153 Pekanbaru

Harapan II Rezky Salsabila dari SDN 15 Pekanbaru

Harapan III Gwenzy Lovely dari SDN Cendana Pekanbaru.

Sumber: MCR

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button