Uncategorized

Tingkatkan SDM dan Manajerial, Tim Dosen Fahutan Unilak Bantu Pengelola Bank Sampah

Cakrawalatoday.com — Dosen Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning Pekanbaru menjadi pembicara dalam webinar ‘Bincang-bincang Rumbai’ yang digelar secara daring, 15 Juni lalu.  Kegiatan merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat (PKM) dalam rangka peran dosen dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yakni penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat.

Bincang Rumbai juga melibatkan pemuda dari Himpunan Mahasiswa Rumbai Bersatu. Sebagai moderator yaitu Septian Hadi anak jati Rumbai. Digelar secara daring, Bincang Rumbai dibuka oleh Camat Rumbai Rumbai Vemi Herliza SSTP. 

Bincang Rumbai menghadirkan tiga orang doktor yang pakar dalam bidang Hukum, Bisnis, dan Investasi, yaitu Dr Yeni Triana SH MH, Dr Indra Afrita SH MH, dan Dr Ardiansah SH MH MAg.

Berbagai persoalan menjadi pembahasan di Bincang Rumbai ini, di antaranya penegakan hukum bagi pelanggar prokes, pelatihan bagi UMKM, pendirian izin usaha bagi UMKM, hingga perosalan investasi.

Menurut Dr Yeni Triana, pandemi Covid 19 sangat berpengaruh dalam perkembangan dunia usaha, begitu pula dengan kegiatan usaha bidang investasi. Di mana saat ini bermunculan perusahaan investasi yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan bagi para investornya, namun di tengah jalan (bisnis) masyarakat (investor) yang tadinya telah menanamkan modal banyak yang mengalamai kerugian bahkan ada yang tertipu.

“Dalam investasi sesungguhnya iktikad baik itu diperlukan dalam proses negosiasi dan awal perjanjian, hingga pelaksanaan perjanjian. Melalui negosiasi para pihak berupaya mempertemukan kehendak yang berbeda, untuk saling mengakomodir kepentingan menjadi satu visi,” ujarnya .

Iktikad baik dalam mengadakan kerjasama memiliki fungsi sangat penting adanya kemauan yang baik di masyarakat (investor)  pada saat ini menjadi sesuatu pendahuluan pengikatan. Artinya, ketika para pihak bersepakat untuk melakukan perjanjian mengenai menghimpun dana masyarakat dalam bentuk investasi.

“Saran saya, bagi masyarakat yang ingin berinvestasi perlu mengetahui hal hal tersebut,” katanya.

Sementara itu, Camat Rumbai Vemi Herliza SSTP dalam sambutanya mengucapakan terima kasih kepada dosen Unilak yang telah menggelar webinar.

“Kegiatan ini bermanfaat karena memberikan informasi kepada masyarakat khususnya warga Rumbai. Topik pembahasan juga berkaitan hal-hal penting seperti pelanggaran protokol kesehatan, UMKM dan investasi. Kami berharap darai webinar ini pengetahuan warga tentang prokes dapat lebih disiplin,” sebut Camat.**

Sumber: Rilis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button