Berita TerbaruBerita UtamaRiau

Struktur OPD akan disederhanakan, ada jabatan Kabag yang mungkin dipangkas

Cakrawalatoday.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengarahkan agar pemerintah daerah melakukan penyederhanaan strukstur di organisasi perangkat daerah (OPD).

Menindaklanjuti arahan itu, Pemerintah Provinsi Riau segera melakukan pembahasan penyederhanaan struktur OPD. Informasi tersebut diungkapkan Kepala Biro Tata Laksana (Ortal) Sekratriat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Kemal.

“Kami nanti akan membahas penyederhanaan struktur organisasi sesuai arahan Kemenpan,” kata Kemal, Jumat (11/6/2021), di Kantor Gubernur Riau, mengutip MediacenterRiau.

Kemal menjelaskan, pola penyederhanaan struktur ini harus disesuaikan dengan kondisi OPD. Dia mencontohkan di Setdaprov yang rata-rata memiliki tiga pejabat setingkat kepala bagian (Kabag).

“Misalnya setiap Biro itukan ada tiga Kabag. Nanti bisa disederhanakan menjadi dua Kabag saja,” bebernya.

Nantinya, lanjut Kemal, pejabat yang tidak masuk struktur OPD itu akan dipindahkan ke jabatan fungsional. Mereka juga akan mendapatkan tunjangan yang sama.

Selain itu, Kemal juga mengakui pola struktur OPD yang saat ini masih berbentuk segi empat. Ke depannya, polanya bisa diubah menjadi bulat dan sebagainya.

“Termasuk nanti, juga akan dibahas bagaimana pola kerja dengan menggunakan struktur yang telah disederhanakan itu. Ini semuanya tentu akan kita bahas bersama-sama dengan seluruh OPD,” tuturnya.**

ABS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button