Berita TerbaruPendidikan

Unilak Beri Penghargaan bagi 30 SMA/SMK di Riau

Cakrawalatoday.com — Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru memberikan sertifikat penghargaan kepada 30 SMA/SMK/Sederajat di Provinsi Riau. Penghargaan diberikannya sebagai bentuk apresiasi Unilak kepada sekolah karena telah mengirimkan siswa/siswi untuk kuliah di kampus ini.

“Dari data yang kita rangkum tahun 2021, 30 sekolah itu yang terbanyak mengirimkan siswa untuk kuliah di Unilak. Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, guru-guru konseling, dan siswa atas kepercayaan memilih Unilak sebagai tempat melanjutkan pendidikan,” demikian disampaikan Wakil Rektor I Unilak Zamzami SKom MKom, Selasa, 1 Juni 2021.

Zamzami berharap hubungan kemitraan antara sekolah dengan Unilak dapat terus terjalin dan meningkat setiap tahunnya. Terlebih beberapa sekolah yang diberikan penghargaan telah menjalin MoU dengan Unilak.

“Unilak siap membantu sekolah dalam upaya peningkatan mutu lulusan SMA/SMK, bisa dengan pelatihan bagi siswa/i dan guru-guru. Pelatihan untuk sekolah sudah sering dilakukan, seperti pelatihan bidang akuntansi, komputer, magang siswa, kelistrikan, pertanian, kehutanan, dan lain lain. Perguruan tinggi dalam menjalankan fungsi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah program pengajaran dan pengabdian. Setiap tahunnya dosen Unilak turun ke sekolah-sekolah untuk melaksanakan Tri Dharma itu,” ujar Zamzami.

Di antara sekolah yang menerima penghargaan di Pekanbaru yaitu SMKN 5, SMKN 7, SMKN 3, SMAN 11, SMAN 7 Pekanbaru, SMAN 9, SMAN 5, dan SMAN 3.

Penyerahan sertifikat penghargaan langsung di antar ke sekolah yang dilakukan Bidang Media dan Promosi Unilak. Selain memberikan penghargaan, selama di bulan Mei, Unilak juga melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara daring dengan mengundang siswa/i dan kepala sekolah.

Disebutkan Kabag Media Promosi Unilak, M Revnu Ohara SIkom MKom, sosialisasi penerimaan mahasiswa baru diikuti lebih dari 2.000 siswa dari 30 sekolah. Pelaksanaan telah berlangsung selama Mei. Di sosialisasi itu juga disampaikan tentang program beasiswa yang ada di Unilak.

“ Sejak tahun 2019-2020 lebih dari seribu mahasiswa Unilak telah menerima beasiswa, di antaranya beasiswa KIP Kuliah, beasiswa Pemprov Riau. Kami berharap dari sosialisasi PMB dan beasiswa ini, siswa/siswi yang lulus tahun 2021 dapat termotivasi untuk dapat melanjutkan kuliah di Unilak,” sebut Revnu.

Sementara, Kepala SMAN 3 Pekanbaru H Erdani SPd MPd, mengatakan sangat mendukung sosialisasi kampus Unilak. “SMAN 3 salah satu sekolah yang banyak siswanya kuliah di Unilak. Kami sangat mendukung, kalau seandainya anak anak kami tidak diterima PTN tentu pilihannya adalah PTS.  Jika tidak ingin jauh dari orang tua, tentu kuliah di Pekanbaru, salah satu PTS di Riau tentu Unilak. Unilak sudah banyak melahirkan alumni yang sukses, dan telah memiliki program S2. Artinya kemampuan, ataupun kualitas tidak diragukan lagi,” kata dia.

Disebutkan Erdani, di manapun kuliah yang penting itu semangat kuliah, semangat belajar. “Kami harapkan anak- anak yang tidak masuk di PTN karena keterbatasan kuota dapat memilih fakultas/jurusan di Unilak sesuai dengan yang diinginkan,” ucapnya.**

Sumber: Humas Unilak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button