Berita TerbaruPekanbaru

Ikuti Anjuran Pemerintah, Universitas Lancang Kuning Gelar Lebaran Virtual

Cakrawalatoday.com — Anjuran Pemerintah agar masyarakat merayakan Idulfitri secara virtual dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona, dilaksanakan oleh Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru.

Pada Jumat (14/5/2021) atau 2 Syawal 1442 H, Universitas Lancang Kuning menggelar lebaran virtual/halalbihalal menggunakan aplikasi zoom. Tujuh hari sebelum Ramadan berakhir, bagian media dan promosi Unilak telah merancang rangkaian konsep kegiatan ini.

Dibimbing oleh Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum konsep lebaran virtual akhirnya final. Kemudian sebelum pelaksanaan lebaran, sosialisasi dan link zoom telah disebarkan ke grup WhatsApp mahasiswa, dosen, alumni, pegawai dan sosial media.

Pelaksanaan lebaran virtual dimulai pukul 9.30 dan berakhir pukul 11. Diawali dengan pembacaan ayat suci AlQuran, kemudian tausiyah singkat oleh ustaz Hasan Basri SH MH yang merupakan dosen Fakultas Hukum.

Lebaran virtual diikuti oleh hampir 150 peserta. Ada dosen, pegawai, alumni, mahasiswa, sekuriti, serta pengurus BEM dan DPM Unilak.

Ustaz Hasan Basri dalam tausiyahnya menyebutkan adanya wabah virus Corona ini tidak memungkinkan untuk dilakukan silaturahmi tatap muka secara langsung. Sebagaimana dalam hadits jika terjadi wabah di suatu negeri maka janganlah kalian memasukinya, dan jika kalian berada di daerah itu (wabah) maka janganlah kalian keluar dari daerah itu

Disebutkan Hasan Basri, pelaksanaan lebaran secara virtual sudah tepat dan sudah berdasarkan hadits Nabi tadi, dan instruksi Pemerintah dalam rangka memutus wabah Covid 19.

Dijelaskan Hasan Basri, silaturahmi sangat penting. “Kenapa kita harus bersilaturahmi? Yang pertama, karena perintah Allah dalam Ar-Ra’Du ayat 21, agar menjalin silaturahmi, berbuat baik dengan kaum kerabat, sanak famili, fakir miskin. Bagaimana cara mengikat silaturahmi selalu mengingat kebaikan orang lain, kemudian kesalahan orang lain mesti dilupakan,” terangnya.

“Di antara kita pasti memiliki kesalahan dan kekhilafan dan ini harus saling kita memaafkan. Dalam hadits Nabi kesalahan dan kekhilafan adalah dua sifat manusia. Dalam hadis lain, Rasullullah bersabda, setiap anak Adam pasti berbuat salah, dan sebaiknya-baiknya orang yang berbuat salah adalah bertobat kepada Allah. Jadi kalau salah dengan manusia kita meminta maaf, kalau kita berbuat maksiat kita bertobat kepada Allah. Kenapa mesti bertobat karena kita tidak tau kapan maut akan memanggil,” sambungnya.

Sementara, Rektor Unilak Dr Juanidi dalam sambutannya menyebutkan bahwa lebaran virtual saat ini adalah cara yang paling tepat untuk menjalin silaturahmi dan tidak mengurangi makna dari silaturahmi itu. “Di saat Corona jarak memisahkan kita, Idulfitri menyatukan kita,” ucapnya.

Menurut Rektor bahwa Covid 19 tidak memungkinkan untuk bersilaturahmi secara langsung atau tatap muka, namun secara virtual ini tidak mengurangi makna dari silaturahmi. Dan ini sesuai dengan anjuran Pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Saat lebaran virtual, saya senang kawan-kawan dosen, pegawai, dan mahasiswa dalam kondisi sehat-sehat. Semoga keluarga besar Unilak dijauhkan dari segala penyakit, dan bagi sakit dapat segera sembuh serta dapat mewujudkan Unilak Unggul 2030,” ujar Rektor.

Dalam pelaksanaan lebaran virtual Rektor Unilak juga melakukan dialog dengan sejumlah pegawai, dosen, dan mahasiswa yang berlebaran di kampung halaman masing-masing. Ada yang di luar provinsi seperti Makasar, Kepulauan Riau, dan Bogor, serta dalam provinsi dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Rokan Hilir , dan Rokan Hulu.

“Mereka yang lebaran di luar Riau itu telah berangkat jauh sebelum adanya imbauan larangan untuk mudik. Saat ini kuliah sedang online jadi sebelum Ramadhan  mahasiswa telah kembali ke kampung halaman masing-masing. Seperti dosen Unilak yang berada Makassar itu sedang kuliah S3 dan sudah lebih dua tahun di san,” sebutnya.

“Tadi ada yang sedang menunggu kelahiran cucu, semoga menambahkan keberkahanm,” tambah Rektor.

Di sesi akhir lebaran virtual, seluruh peserta kemudian berfoto bersama sambil memegang kue lebaran dan makanan tradisional daerah masinh masing. Ini dilakukan agar suasana Idulfitri dapat semakin terasa.

Lebaran Virtual juga diikuti oleh  Wakil Rektor I Zamzami SKom MKom, WR II Hardi SE MM, WR III Dr Bagio Kadaryanto SH MH, Direktur Pascasarjana Prof Dr Syafrani MSi, jajaran dekan, serta kepala biro dan kepala bagian di lingkungan Unilak.**

Humas Unilak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button