Berita TerbaruPekanbaruRiau

Kwarda Riau Terima Donasi Bumbung Kemanusiaan Bencana Alam dari Kwarcab Kota Pekanbaru

Cakrawalatoday.com – Bencana alam gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat dan bencana banjir di Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu menjadi perhatian semua pihak. Termasuk Gerakan Pramuka, salah satunya Kwartir Cabang Kota Pekanbaru, Riau.

Sebagai bentuk wujud pengamalan Dasa Darma yang kedua yakni ‘cinta alam dan kasih sayang sesama manusia’, dan dalam rangka meringankan beban korban bencana alam, Kwartir Cabang Kota Pekanbaru bersama Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kota Pekanbaru telah melaksanakan kegiatan penggalangan dana berupa bumbung kemanusiaan yang dimulai tanggal 21 Januari hingga 2 Februari 2021.

Donasi yang telah terkumpul dari kegiatan bumbung kemanusiaan diserahkan oleh Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru yang diwakili Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat, Penanggulangan Bencana dan Lingkungan Hidup, Ario Wibowo, kepada Ketua Kwarda Riau yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat, Penanggulangan Bencana dan Lingkungan Hidup, Joko Pujiono, pada Rabu (3/2/2021) di aula Kantor Kwarda Riau.

Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru dalam laporannya menyampaikan, Kwarcab Kota Pekanbaru telah melaksanakan kegiatan bumbung kemanusiaan dengan rangkaian kegiatan pertama melaksanakan apel siap siaga bencana pada 20 Januari 2021, dan melaksanakan penggalangan donasi di tempat-tempat keramaian pada 21 sampai 31 Januari 2021.

2. Wakil Ketua Kwarda Riau bidang abdimasgana dan lh Joko Pujiono bersama Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru Toni Werdiansyah bersama-sama membuka bumbung kemanusiaan pada acara penyerahan donasi bumbung kemanusiaan oleh Kwarcab Kota Pekanbaru pada Rabu, 03/02/2021 bertempat di aula Kantor Kwarda Riau.
Wakil Ketua Kwarda Riau Bidang Abdimasgana dan LH Joko Pujiono bersama Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru Toni Werdiansyah bersama-sama membuka bumbung kemanusiaan pada acara penyerahan donasi bumbung kemanusiaan oleh Kwarcab Kota Pekanbaru pada Rabu, 03/02/2021 bertempat di aula Kantor Kwarda Riau.

Kemudian, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan penggalangan donasi di wilayah masing-masing pada tanggal 21 Januari sampai 2 Februari 2021, dan Kwarcab telah melaksanakan kegiatan bumbung kemanusiaan secara serentak di 10 pasar yang ada di Kota Pekanbaru.

Berdasarkan data yang telah diperoleh dan penghitungan dana yang telah terkumpul sampai tanggal 3 Februari 2021 diperoleh donasi sebesar Rp67.179.300.

 “Alhamdulillah, donasi ini berasal dari penggalangan dana dari Kwarcab Kota Pekanbaru dan Kwartir Ranting se-Kota Pekanbaru,” ungkap Ario Wibowo.

“Kemudian, dapat kami laporkan bahwa dari jumlah dana yang terkumpul tadi, berdasarkan instruksi ada perubahan skema. Pada awalnya Kwarcab ingin menyerahkan seluruh donasi kepada Kwarda Riau untuk diteruskan ke Kwarnas atau ke daerah lokasi bencana, berdasarkan arahan Ketua Kwarcab pada kegiatan tadi pagi, beliau menyampaikan agar dana ini langsung disampaikan ke Kwarda Kalimantan Selatan dan untuk itu kami melakukan searching, ternyata dari dua Provinsi yang mengalami bencana alam yang terparah itu adalah Kalimantan Selatan, dengan 11 kabupaten/kota terendam sampai saat ini, dan tentu akan banyak efek/dampak korban yang harus kita bantu,” tambah Ario.

Karena itu, lanjut Ario, dari dana Rp67.179.300 tadi, Kwarcab Pekanbaru mengkalkulasikan donasi yang akan diserahkan ke Kwarda Riau untuk selanjutnya diteruskan ke Kwarda Sulawesi Barat sebesar Rp17. 197.300 ditambah satu buah bumbung yang belum dibuka dan belum tahu jumlahnya berapa. Sementara donasi sebesar Rp50 juta akan diantar langsung oleh Kwarcab Kota Pekanbaru yang difasilitasi oleh Pemko Pekanbaru untuk diserahkan lansgung ke Kwarda Kalimantan Selatan.

“Insya Allah jadwalnya secepatnya di akhir bulan Februari 2021,” jelas Ario.

Ketua Kwarda Riau diwakili Joko Pujiono menyampaikan apresiasi atas kegiatan bumbung kemanusiaan untuk korban bencana alam yang telah dilaksanakan oleh Kwarcab Pekanbaru.

“Kami dari Kwarda Riau tidak tinggal diam. Tidak hanya mengirimkan surat ke Kwartir Cabang se-Daerah Riau untuk penggalangan dana, namun juga bergerak melalui Satgas Pramuka Peduli melaksanakan aksi penggalangan dana melalui bumbung kemanusiaan yang ditempatkan di 17 titik di kafe, rumah makan, dan restoran di Pekanbaru,” kata Joko Pujiono.

Kwarda Riau berharap aksi penggalangan dana melalui bumbung kemanusiaan yang dilakukan oleh Kwartir Cabang se-Daerah Riau, donasi yang telah terkumpul  pelaporannya satu pintu ke Kwarda Riau. Teknis penyerahan donasi bisa diserahkan langsung oleh Kwarcab ke daerah bencana bisa juga melalui Kwarda Riau, sehingga nanti ada satu pelaporan bahwa aksi bumbung kemanusiaan se-Kwarda Riau dapat diketahui berapa jumlahnya.

“Ini adalah aksi kita bersama, bukan hanya Kwarda Riau tetapi aksi Gerakan Pramuka se-Daerah Riau. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih dan Kwarcab Kota Pekanbaru merupakan Kwarcab yang pertama kali menyerahkan donasi bumbung kemanusiaan kepada Kwarda Riau,” kata Joko.

Hadir saat penyerahan donasi Sekretaris Kwarda Riau Indra Irianto, Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarda Riau Lukman Hakem, Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru Toni Werdiansyah, Sekretaris Kwarcab Kota Pekanbaru Deny Rendra, Andalan Cabang Kota Pekanbaru Abdul Haris, Ruswan, Rizky Armando Siregar, dan perwakilan Kwartir Ranting se-Kota Pekanbaru.**

Rilis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button