Berita TerbaruBerita UtamaNasional

Habibie Jadi Presiden Pertama yang Dimakamkan di TMP

CAKRAWALATODAY.com— Presiden ke-3 RI, BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan, Kalibata. Ia akan dimakamkan tepat di samping makam istrinya, Ainun Habibie di slot 120 dan 121. Habibie menjadi presiden pertama yang dimakamkan di TMP Kalibata

Presiden Soekarno yang wafat pada 21 Juni 1970 dan dimakamkan kompleks pemakaman seluas di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan Kota Blitar, Jawa Timur. Makam Soekarno berdampingan dengan makam kedua orangtuanya, Raden Mas Soekemi Sosrodiharjo dan Ida Ayu Nyoman Rei. Pusara Bung Karno dan kedua orangtuanya ditempatkan di sebuah bangunan khas masyarakat Jawa yakni joglo.

Presiden Soeharto yang wafat pada 27 Januari 2008 dimakamkan di kompleks makam di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kompleks pemakaman tersebut dikenal dengan nama Astana Giribangun.

Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang wafat pada 30 Desember 2009 dimakamkan di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur. Makam Gus Dur berada sebelah utara pusara kakeknya yang juga pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari.

Dipimpin Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan memimpin secara langsung upacara pemakaman BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9) siang nanti. Jenazah almarhum BJ Habibie rencananya diberangkatkan dari rumah duka ke TMP Kalibata pukul 13.00 WIB. 

Sekretaris Pribadi almarhum BJ Habibie, Rubianto, mengatakan sebelum diberangkatkan, jenazah akan diserahterimakan di rumah duka, Jl Patra Kuningan XIII, Setiabudi, Jakarta Selatan.

“Kami ingin menyampaikan bahwa prosesi pemakaman besok. Rencananya pemakaman jenazah pukul 12.30 WIB, akan dilaksanakan upacara serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah. Diharapkan 30 menit selesai dan jam 13.00 WIB tepat, start dari kediaman Patra Kuningan menuju ke TMP Kalibata,” jelas Rubianto kepada wartawan di rumah duka, Rabu (11/9) malam.  

Upacara serah terima di rumah duka akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Anwar akan bertindak sebagai wakil dari pemerintah. 

“Di sini yang akan mewakili pemerintah adalah Ketua MK,  selaku pemimpin upacara di rumah kediaman. Kemudian inspektur upacara di TMP besok adalah Pak Presiden Jokowi,” tegasnya. 

Sebelumnya, Presiden ke-3 RI BJ Habibie wafat pada Rabu petang di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan, BJ Habibie akan dimakamkan pada Kamis di TMP Kalibata, Jakarta, sektor 120-121.

Jenazah BJ Habibie akan dimakamkan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besar, yang meninggal dunia pada 2010 lalu. “Kami masih berkoordinasi dengan keluarga. Suasananya masih berduka, kita harapkan dalam waktu yang sangat singkat, malam ini sudah bisa ditentukan besok (hari ini) upacara pemakaman bisa jam berapa,” jelas Pratikno di Kantor Sekretariat Negara, Rabu (11/9).**

Sumber: REPUBLIKA.CO.ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button