Berita TerbaruPendidikan

Dosen FKIP Unilak Pengabdian Kepada Masyarakat, Ini yang Dilakukan

Cakrawalatoday.com — Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lancang Kuning Pekanbaru melakukan sosialisasi bagi insan pendidikan di Ibu Kota Provinsi Riau ini. Tepatnya di SMP-SMA Smart Indonesia.

Sosialisasi ini merupakan program Pengabdian wujud realisasi dari Tridharma Perguruan Tinggi. Dengan judul ‘Sosialisasi Ento-Vlog Sebagai Media Pembelajaran Sains di SM-SMA Smart Indonesia’. Pesertanya adalah guru-guru dari berbagai disiplin ilmu, dan berlangsung selama satu hari. Penyampaian dilakukan melalui pemaparan, diskusi, dan tanya jawab.

Tim dosen FKIP Unilak yang melakukan sosialisasi diketuai oleh Ermina Sari STP MSc, bersama Martalasari SSi MSc, dan Raudhah Awal SPd MPd. Kegiatan pengabdian ini didasari atas permasalahan mitra yaitu guru sains di SMP-SMA Smart Indonesia yang belum mengenal media pembelajaran etno-vlog.

Menurut Ermina Sari dalam rilisnya, Kamis (16/06/2022), konsep sains dapat disajikan melalui pengamatan fenomena-fenomena yang ada di sekitar peserta didik. Penyusunan sumber belajar bagi peserta didik yang mampu mengaitkan pengetahuan dengan kehidupan masyarakat dapat dilakukan melalui pengintegrasian etnosains ke dalam media pembelajaran untuk memudahkan peserta didik mengaitkan konsep dengan kehidupan.

Salah satu media yang efektif digunakan dalam pembelajaran online adalah video blogging atau Vlog. Etno-vlog merupakan pengintegrasian etnosains ke dalam pembelajaran yang disajikan melalui vlog.

Dikatakanya lebih lanjut, sosialisasi etno-vlog ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan menambah wawasan mitra mengenai media etno-vlog yang dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Sosialisasi ini dilakukan dengan materi pengenalan mengenai etno-vlog serta contoh penerapannya dalam pembelajaran sains.

Sebagai bahan evaluasi keberhasilah pelaksanaan pengabdian ini, peserta sosialisasi akan diberikan pretest dan post-test mengenai pemahaman dan wawasan pesrta sosialisasi mengenai etno-vlog sebagai media pembelajaran sains.

“Kita tentu saja bersyukur pengabdian yang dilakukan kami (dosen FKIP) mendapatkan kesan baik oleh dari guru-guru SMP-SMA Smart Indonesia. Kami dosen tidak hanya mengajar mahasiswa di kampus, tapi juga dituntut untuk berperan dalam membantu masyarakat, bisa penelitian, pengabdian, dan lain lain,” ujar Ermina Sari. **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button