Berita TerbaruPendidikan

Dosen Fasilkom Unilak Beri Pelatihan Bisnis Digital bagi Anggota Karang Taruna

Cakrawalatoday.com – Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat. Khususnya generasi muda di wilayah Desa/ Kelurahan atau komunitas sosial sederajat.

Seperti Karang Taruna di Kelurahan Meranti Pandak, Kota Pekanbaru yang memiliki keanggotaan yang datang dari berbagai latar belakang pendidikan dan keterampilan. Semuanya memiliki peluang dan kesempatan yang sama dalam mengembangkan potensi masing-masing.

Untuk meningkatkan potensi di bidang bisnis, khususnya di era technopreneurship ini, pada 27 Oktober 2021 barusan, anggota Karang Taruna Kelurahan Meranti Pandak mengikuti kegiatan pelatihan secara daring.

Pelatihan yang diberi tema “Peningkatan Kompetensi Bisnis Digital untuk Anggota Karang Taruna Kelurahan Meranti Pandak Kota Pekanbaru”, dilakukan oleh dosen dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Lancang Kuning (Unilak), yang terdiri dari Syahtriatna D MKom, H Fajrizal SP MKom MTA, dan Muhamad Sadar SE MKom. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari sebuah program pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh dosen Fasilkom Unilak.

Melalui pelatihan ini, anggota Karang Taruna Kelurahan Meranti Pandak dapat melihat dan mengikuti pergeseran proses bisnis, di mana bisnis konvensional telah beralih ke bisnis digital. Mereka dapat melihat peluang sekaligus bersiap menghadapi tantangan di dalam bisnis digital. Tantangan yang ada berupa perlunya pengetahuan dan keterampilan untuk dapat ikut serta dalam bisnis digital ini. 

Peluang yang ada berupa terbukanya kesempatan yang luas bagi setiap orang untuk berbisnis, karena bisnis digital tidak memerlukan modal yang besar serta lebih mudah dan lebih praktis untuk dilakukan.

Materi yang disampaikan kepada peserta pelatihan antara lain Bisnis Afiliasi, Youtuber, Blogger, Konten Kreator, Dropship, Intagram Influencer, Penjualan Online, dan Bisnis Belajar Daring.

Kelanjutan dari hasil kegiatan ini, diharapkan akan muncul startup atau pemilik bisnis digital baru. Mereka juga diharapkan dapat membagi pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki kepada orang-orang di sekitarnya. Sehingga secara lebih luas akan dapat meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam bisnis digital. (*/Abs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button