Berita TerbaruPendidikanRiau

PCR Luncurkan Aplikasi E-Konseling, Bantu Guru BK Selesaikan Persoalan Siswa

Cakrawalatoday.com – Politeknik Caltex Riau (PCR) Pekanbaru menginisiasi sistem layanan konseling guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam bentuk aplikasi. Layanan E-Konseling tersebut resmi diluncurkan pada Selasa, 19 Oktober 2021, di Gedung Serba Guna Kampus PCR.

Kepala Bagian Pemasaran dan PMB PCR, Edi Tri Prayitno menjelaskan, aplikasi dapat diakses melalui website konseling.pcr.ac.id. PCR menyediakan aplikasi ini secara gratis, syaratnya hanya dinyatakan dalam bentuk kerja sama. Sebagai penyedia aplikasi, PCR akan mengadakan workshop bagi guru-guru BK agar dapat menjalankan sistem aplikasi dengan baik dan benar.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Zul Ikram, dalam sambutannya menyampaikan harapan agar aplikasi ini menunjang kinerja guru BK di sekolah-sekolah. Menurutnya, kecanggungan siswa untuk berkonsultasi ke guru BK bisa teratasi dengan hadirnya aplikasi ini.

“Saya sampaikan apresiasi dan tahniah untuk kita bersama atas terlaksananya kegiatan pada siang ini,” ucapnya.

Direktur PCR Yanuar dan perwakilan dari SMA Censana Rumbai memperlihatkan surat noto kesepahaman dan perjanjian kerja sama yang baru saja ditandatangani. (Abbas Abdurrahman)

Sebelumnya, Direktur PCR Dr Muhammad Yanuar mengungkap aplikasi ini perdana diciptakan PCR dibantu enam pendamping dari guru Pekanbaru guna memudahkan para guru BK mengatasi siswa bermasalah.

“Antara guru BK dan siswa bisa berkomunikasi lewat satu sistem tidak perlu tatap muka, jadi semua proses pembicaraan, pembahasan, dan solusi nanti tersimpan di aplikasi itu dan bisa dilihat kapan saja sebagai riwayat siswa jika dibutuhkan suatu hari,” terangnya.

Yanuar mengatakan, setakat ini e-konseling memang masih dipakai untuk sekolah setara SMA saja dulu, namun tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan di kabupaten/kota juga.

Pembuatan aplikasi e-konseling ini memang tidak akan dipungut biaya, namun bagi sekolah yang membutuhkan bisa melakukan kerja sama dengan PCR. “Bagi sekolah yang butuh e-konseling bisa lakukan MoU dengan PCR lalu kami akan roadshow ke sekolah tersebut,” katanya

Peluncuran aplikasi yang mulai dipersiapkan sejak Januari 2021 ini, ditandai dengan menekan tombol di pad oleh Kadisdik Riau Zul Ikram, didampingi Direktur PCR Yanuar.

Acara dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama antara PCR dengan 6 (enam) sekolah di Riau, yaitu SMA Cendana Rumbai, SMAN Plus Provinsi Riau, SMAN Olahraga Provinsi Riau, SMAN 6 Pekanbaru, SMAN 8 Pekanbaru, dan SMAN 10 Pekanbaru.**

Abbas Abdurrahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button